Komunitas Lingkar Pekarangan Cirebon:


Komunitas “Lingkar Pekarangan” (LP), sebuah komunitas penggiat seni-budaya di Kota Cirebon yang independen, non partisan, dan berfokus pada kegiatan reflektif, diskursif serta kontempelatif.

Komunitas ini berdiri paruh kedua tahun 2007. Pemutaran film “An Unconvenienth Truth” (Kebenaran yang tak Dapat Disangkal), sebuah film dokumenter karya mantan Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat, Al Gore, menjadi edisi perdana kegiatan LP yang awalnya bernama “Lingkar Studi Pekarangan” (LSP). Dalam perkembangan berikutnya, kata “Studi” dihilangkan karena komunitas ini ingin menghapus kesan eksklusif sebagaimana lembaga-lembaga yang menggunakan kata “Studi”.

Saat mencetuskan LSP atau kemudian menjadi LP, para pendirinya terinspirasi oleh kegiatan yang digelar penyair Sitok Srengenge di Jakarta melalui Teater Halaman tahun 1990-an. Pemilihan kata “Pekarangan” itu sendiri menyiratkan dua hal. Pertama, sejenis semangat dekonstruksi terhadap ruang publik yang terlanjur didominasi oleh hotel, mall, supermarket serta gedung-gedung nan mewah yang menawarkan ilusi dan membius publik (masyarakat) untuk terus berpaling kepada hedonisme. Kedua, hasrat romantisme dengan tanah, yang dipercaya sebagai sumber energi kehidupan penopang peradaban bumi selama berjuta-juta abad. Pekarangan adalah sumber inspirasi dan ekspresi dinamika sosial di mana pada siang hari ibu-ibu melepas penat dengan cara petan (mencari kutu) sambil ngrumpi, sementara para lelaki leyeh-leyeh setelah seharian bekerja. Sedangkan pada malam hari, ketika sinar bulan terang bercahaya, anak-anak ramai jonjangan, bermain mengembangkan diri dalam sebuah interaksi penuh keakraban. Kini, dunia pekarangan dari masa lalu itu telah terenggut dan berubah menjadi gedung-gedung beton tinggi nan gemerlap yang menceraikan anak-anak dari cahaya bulan. Aktivitas komunitas ini berpusat di “Markas Kebudayaan” halaman kantor redaksi Pikiran Rakyat Edisi Cirebon (PR Edisi).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: