KAMPUNG LAUT : Film Dokumenter terbaik Ajang MAVIE FEST 2008


Rasa syukur yang dalam turut mewarnai komunitas Sangkanparan dalam menjalani hari-harinya yang padat dengan kerja baktinya di Cilacap. Meski belakangan ini, Sangkanparan sedang serius-seriusnya merancang program untuk ekstrakurikuler beberapa sekolah di Cilacap, namun kesempatan berbagi dan berpartisipasi dalam ajang Festival tetap dilakukan. Tak disangka Film Pendek berjudul Kampung Laut arahan sutradara Insan Indah Pribadi, terpilih sebagai film dokumenter terbaik dalam ajang MAVIE FEST 2008.

Kemenangan ini disampaikan melalui sms dari pihak MAVIE FEST sehari setelah Malam Penganugerahan MAVIE FEST 2008. Meski sebelumnya pihak Mavie telah mengabarkan bahwa film Kampung Laut masuk menjadi nominator dalam ajang MAVIE FEST 2008, namun beberapa kendala menyebabkan rekan-rekan komunitas Sangkanparan tidak dapat hadir dalam ajang tersebut.


Film yang berlatar kondisi sebuah kampung yang dikelilingi oleh lautan ini berkisah tentang kesulitan warga Cilacap dalam mengakses air bersih. Selain sumur yang keruh dan asin rasanya, tanah-tanah di lahan mereka pun sulit ditanami. Jika musim kemarau tiba, mereka harus mencari air sampai ke pulau Nusakambangan. Keadaan ekonomi mereka tak cukup berada, apalagi ditambahi harus mendapatkan air bersih dengan membeli seharga 2500 per jerigen. Jika musim hujan tiba, mereka menyiapkan jembung-jembung atau ember-ember untuk menadah air yang turun dari langit.

Film yang pernah dikomentari oleh beberapa pejabat Cilacap saat diputar di Pendopo Cilacap beberapa waktu lalu ini, mampu membuktikan bahwa kepedulian pemerintah akan air bagi kampung laut harus benar-benar serius diperhatikan. Sehingga problematika yang dirasakan masyarakat Kampung Laut dapat segera terselesaikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: